Unimal Terima ICSB President Award 2016

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Dr Apridar MSi, Selasa (15/11/2016) menerima ICSB Indonesia President Award 2016.

Penghargaan itu diserahkan Presiden the International Council for Small Business (ICSB) Indonesia, Hermawan Kertajaya kepada Apridar dan sejumlah tokoh lainnya di Auditorium RRI Banda Aceh.

Unimal menerima award itu untuk kategori akademik bersama Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Kedua kampus ini dianggap berdedikasi konkret dalam pengembangan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Aceh.

“Kami menyerahkan penghargaan ini untuk sejumlah tokoh di Tanah Air. Kami selenggarakan di 18 kota di Indonesia untuk tahun 2016,” sebut Hermawan Kertajaya.

Sementara itu, Prof Apridar menyebutkan dirinya tidak pernah berpikir apa yang dikerjakan di kampus mendapat penghargaan dari lembaga lain.

“Saya hanya berpikir bagaimana kampus ini mendorong mahasiswa untuk berwirausaha. Kita tahu, ketika krisis moneter melanda Indonesia tahun 1998, hanya sektor UMKM yang tidak tumbang dan bangkrut. Sektor makro dan industri raksasa semuanya gulung tikar dan berdampak pada perampingan karyawan. Atas pengalaman itu, saya mendorong agar setiap tahun, lewat program kewirausahaan mahasiswa kita membantu pengembangan usaha kecil,” sebut Prof Apridar.

Dia tambahkan, selama ini di kampus tersebut pihaknya setiap tahun membuat program kewirausahaan mahasiswa.

“Jumlahnya terbatas, hanya 60-an kelompok mahasiswa. Mereka ini kita dampingi hingga sukses. Kami ajak kabupaten/kota dan Pemerintah Aceh untuk mendorong pengembangan UMKM Aceh,” ujar Prof Apridar.

Ia menilai, pengembangan sektor UMKM bisa mengurai angka pengangguran yang terus meningkat dari tahun ke tahun di Aceh. Selain itu, sektor UMKM berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Namun, gerakan UMKM ini butuh kerja sama semua pihak, sehingga maju dan berkembang,” pungkas Prof Apridar.

Sorenya, di tempat yang sama dewan juri melakukan penilaian terhadap nominasi produk-produk UMKM Aceh 2016 yang sudah mendapat nama di pasar lokal maupun nasional.
Lima produk ditetapkan sebagai pemenang, di antaranya minyeuk pret, tepung kunyit, kue kering, dan cenderamata bertema etnik Aceh. (*)

Sumber : Aceh Tribunnews/ Serambi Indonesia

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inkubator Bisnis CDC UNIMAL © 2017