Unimal Dorong Mahasiswa Lahirkan Ide Kreatif Berorientasi Inovasi

LHOKSEUMAWE – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe menggelar Roadshow Inovasi Unimal, Jumat (7/8/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unimal, Dr Hendra Raza SE MSi tersebut berlangsung di ruang rapat Dekan Fakultas Ekonomi di Bukit Indah, Lhokseumawe.

Hadir pada acara pembukaan, Pembantu Dekan FEB Bidang Kemahasiswaan Hijri Juliansyah SP Mec dan Kepala UPT Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal Dr Rusydi Abubakar SE MSi,

Kepala UPT Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal kepada Serambinews.com menginformasikan, kegiatan diikuti elemen BEM Fakultas Ekonomi termasuk dari unsur Himpunan Mahasiswa Manajemen, Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, dan PDPK.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimal, Dr Hendra Raza ketika membuka kegiatan itu mengajak mahasiswa untuk terus berkreasi melahirkan berbagai inovasi agar setelah menyelesaikan pendidikan menjadi sarjana siap pakai dalam dunia kerja.

Melalui kegiatan itu, kata Rusydi pihaknya ingin menggali potensi dan mendorong mahasiswa untuk berkiprah dalam dunia usaha.

Rusydi mengajak para Ketua BEM dan Ketua Himpunan untuk menggagas ide-ide di kalangan mahasiswa dengan arah produk berorientasi inovasi yang bersentuhan dengan teknologi.

Sebagai contoh, lanjut Rusydi, produk aplikasi untuk menghasilkan nilai tambah dan bermanfaat bagi orang banyak.

Misalnya, produk berbasis aplikasi yang memberikan manfaat langsung bagi mahasiswa dari luar Aceh yang memuat data lokasi kampus, layanan rumah kos, katering, dan lainnya.

“Aplikasi-aplikasi seperti itu bisa juga kita ikutkan pada kompetisi di Kemendikbud,” ujar Rusydi dalam pemaparan materinya.

Lembaga inkubator bisnis, menurut Rusydi berperan penting karena pada umumnya perusahaan pemula sangat rentan terhadap kegagalan atau kebangkrutan terutama di fase awal pendirian.

Kegagalan tersebut disebabkan  antara lain karena kekurangan modal, kesulitan implementasi teknologi, manajemen bisnis yang belum baik, dan minimnya pengalaman di dunia bisnis.

Oleh karenanya, melalui proses inkubasi oleh inkubator seperti pendampingan, bimbingan, pelatihan, dan akses ke lembaga keuangan dan pemasaran diharapkan mampu memperkuat bisnis perusahaan pemula yang pada akhirnya meningkatkan daya saing produk dan usaha.

“Inilah antara lain bentuk kerja UPT Inovasi dan Inkubator Bisnis Unimal,” kata Rusydi.

Dia juga mengatakan, kegiatan roadshow serupa akan dilaksanakan di semua fakultas dalam lingkungan Unimal.

“Ini juga untuk pencapaian bagian program rektor dalam kontrak kerja sama dengan kementerian,” demikian Rusydi Abubakar. (*)

Sumber dari :serambinews.com



Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inkubator Bisnis Universitas Malikussaleh © 2018