5 Startup Binaan Unimal Teken Kontrak dan Ikut Pelatihan IBT Kemenristekdikti

Jakarta – Lima Tenant atau Startup Binaan Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh yang mendapatkan Pembiayaan Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) 2017 melakukan penandatangan kontrak dan mengikuti Pelatihan Start Tech Training Camp 2017 yang dilaksanakan oleh Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, tanggal 22-26 Mei 2017 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Kelima tenant/startup tersebut yaitu Emas Hutan Indonesia (milik Terpiadi A Majid), Carimodal.id (Newin Hasan), Green Coffee Nanotechnology (Muhammad Ihsan), Diterjen dari Air Laut (Mustafa Kamal) dan Rumah Vaname (Junaidi). Demikian disampaikan Manajer Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh, Yusriadi Ridwan, yang didampingi Pembina Inkubator, Ibrahim Qamarius, Senin (22/5/2027).

Berdasarkan Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Sistem Inovasi dan Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor: 01/SK/PPK.2/Ditjen PI/V/2017, Penerima Pembiayaan Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2017, Tenant/Startup binaan Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh yang mendapat pembiayaan adalah EMAS HUTAN INDONESIA; Teknologi Peningkatan Kerak Gaharu Sebagai Bahan Baku Minyak Wangi Dunia sebesar Rp. 349.506.000. CARIMODAL.ID; Platform untuk Mempertemukan Pencari Modal Usaha dan Investor sebesar Rp. 348.000.000. GECONA; Green Coffee Nanotechnology sebesar Rp. 348.676.000. DITERJEN DARI AIR LAUT sebesar Rp. 349.340.000 dan RUMAH VANAME; Teknologi Budidaya Udang Vaname  sebesar Rp. 349.874.000.

Penandatangan kontrak antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sistem Inovasi dan Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Kemenristekdikti dengan Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh dan Inkubator lainnya disaksikan lansung oleh Mensristekdikti, Prof Muhammad Nasir sebelum membuka acara pelatihan tersebut. Mekanisme penandatanganan kontrak dilakukan antara PPK dengan Inkubator dari masing-masing penerima pembiayaan. Selanjutnya dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak antara Inkubator dengan Tenant sebagai penerima pendanaan.

Menurut Direktur PPBT Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Retno Sumekar, peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 506 orang, terdiri dari Tenant penerima pembiayaan IBT dan penerima pembiayaan PPBT-PT seluruh Indonesia. Dimana pada saat pembukaan diundang juga perwakilan penerima pembiayaan CPPBT untuk penandatanganan kontrak. Masing-masing penerima pembiayaan dihadiri oleh 1 orang tenant dan 1 orang dari inkubator pendamping. Selain itu peserta dari Kemenristekdikti dan peserta lainnya.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang sudah cukup berpengalaman seperti Budi S. Isman, CEO Mikro Investindo Utama, yang merupakan mantan Presiden Direktur PT Sari Husada, Direktur Human Resources Coca Cola Indonesia, dan lain-lain.

Peserta pelatihan Start Tech Training Camp 2017 akan dibekali dengan materi Smart Business Map, Branding, Internet Marketing, Funding Strategy, Legal and Patent, Financial Forecast, Coaching for Performance, Incubator Management, Business Plan, Tim Building, dll.

Selain 5 startup yang mendapatkan pembiayaan Program IBT, dari Unimal juga mendapatkan pembiayaan untuk 2 Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), salah satunya termasuk untuk penelitian penyempurnaan Inovasi Energi Listrik dari Pohon Kedondong, yang ditemukan Naufal Raziq.

.

Pengumuman Penetapan Proposal Penerima Pembiayaan Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) Tahun 2017

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inkubator Bisnis CDC UNIMAL © 2017