Sosialisasi 3 Program Hibah Kemenristekdikti di Unimal Disambut Antusias

Lhokseumawe – Sosialisasi Tiga Program Insentif/Hibah Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti tahun 2017 di Unimal yang berlangsung pada hari Senin, tanggal 9 Januari 2017 disambut sangat antusias oleh peserta. Adapun ketiga program tersebut yaitu Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) dan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi (PPBT-PT).

Sosialisasi untuk Provinsi Aceh dan Sumatera Utara tersebut, dibuka oleh Ketua Career Development Center (CDC) Universitas Malikussaleh, Ibrahim Qamarius mewakili Rektor Universitas Malikussaleh. Sementara Tim Pemateri dari PPBT Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, dihadiri oleh Bapak Suranto, mewakili Direktur PPBT Ditjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Ibu Sari Mayang, Maria Ulfa dan Barikur Rahman.

[huge_it_gallery id=”2″]

Adapun peserta yang menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Startup atau Tenant binaan Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh. Selain itu Mahasiswa, Dosen dan Alumni Universitas Malikussaleh. Pengelola LPPM/LPM/UP2M/UP3M, UPT Kewirausahaan, Inkubator, Mahasiswa, Dosen PTN yang ada di Aceh dan Sumatera Utara, serta Perguruan Tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah 1 dan Kopertis Wilayah 13. Hadir  juga Balitbang/Dinas yang mempunyai inkubator bisnis, Pengurus inkubator swasta di Aceh dan Sumatera Utara, serta pengusaha pemula atau startup lainnya. Turut hadir juga pejabat daerah, mewakili Bupati, mewakili Walikota, Dandim 0103/Aceh Utara, Mewakili Kapolres Lhokseumawe dan Aceh Utara. Mewakili dari perusahaan Profita  di Lhokseumawe, Pimpinan Bank Indonesia Cabang Lhokseumawe, dan pimpinan perbankan lainnya dengan jumlah peserta 231 orang. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana yang merupakan Manajer Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh, Yusriadi, SE, MSM.

Adapun sasaran dan manfaat dari kegiatan sosialisasi untuk Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) adalah pendanaan dengan skema insentif yang diberikan produk inovasi sudah dalam bentuk prototype untuk disempurnakan dan disiapkan menjadi inovasi komersial (dari prototype laboratorium menjadi prototype industri dan siap di hilirisasi) dan program ini hanya dapat diikuti oleh PTN dan PTS. Sementara Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) merupakan program pendanaan untuk menumbuhkan tenant wirausaha pemula berbasis teknologi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa, Program ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, LPK/LPNK, Balitbang/Dinas. Sedangkan untuk Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi (PPBT-PT) merupakan program pendanaan untuk menumbuhkan tenant wirausaha pemula berbasis teknologi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa. Wirausaha yang dibangun berbasis inovasi yang berasal dari Perguruan Tinggi dan diusulkan melalui lembaga inkubator Perguruan Tinggi, program ini dapat diikuti PTN dan PTS.

Bahan Presentasi Sosialisasi dan Panduan 3 Program Hibah PPBT Kemenristekdikti 2017 dapat di download disini

Download Bahan Presentasi Sosialisasi dan Panduan IBT 2017

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inkubator Bisnis CDC UNIMAL © 2017