Unimal tuan rumah sosialisasikan program Kemenristek Dikti

Lhokseumawe (ANTARA Aceh) – Universitas Malikussaleh (Unimal) Provinsi Aceh, ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan Tiga Program Insentif/Hibah Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) pada Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristek Dikti tahun 2017.

Ketua Pembina Inkubator Bisnis CDC Unimal Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh Ibrahim Qamarius mengatakan ketiga program tersebut ialah Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) dan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi (PPBT-PT), yang akan dilaksanakan Senin (9/1) mendatang pukul 13.30 WIB sampai dengan selesai, di Gedung ACC Unimal Lhokseumawe.

Kegiatan sosialisasi untuk Provinsi Aceh dan Sumatera Utara akan dibuka oleh Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Apridar dengan Pemateri Direktur PPBT Kemenristek Dikti, Retno Sumekar dan Tim PPBT Kemenristek Dikti.

Peserta yang akan menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut antara lain startup atau tenant binaan Inkubator Bisnis CDC Universitas Malikussaleh, mahasiswa, dosen dan pengusaha pemula, baik yang ada di Aceh maupun Sumatera Utara.

Ibrahim mengatakan sasaran dan manfaat dari kegiatan Program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) adalah untuk pendanaan dengan skema insentif yang diberikan produk inovasi dalam bentuk prototype untuk disempurnakan dan disiapkan menjadi inovasi komersial (dari prototype laboratorium menjadi prototipe industri dan siap di hilirisasi).

Sementara Program Inkubasi Bisnis Teknologi (IBT) merupakan program pendanaan untuk menumbuhkan tenant wirausaha pemula berbasis teknologi dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

Program ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, Balitbang atau dinas sedangkan untuk Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi (PPBT-PT) hanya dapat diikuti oleh perguruan tinggi.

Sumber : Antaranews

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inkubator Bisnis CDC UNIMAL © 2017